Hubungan Aktivitas Sosial dan Spiritual Terhadap Kemandirian Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda

  • Rizky Widya Astuti Universitas Muhammadiyah KAlimantan TImur
  • Faried Rahman Hidayat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Lansia, Aktivitas Sosial, Spiritual, Kemandirian.

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengidentifikasi hubungan aktivitas sosial dan spiritual terhadap kemandirian lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri Samarinda.

Metodologi: Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif  korelasional menggunakan pendekatan cross sectional. Menggunakan sampel 73 orang lansia. Penentuan sampel dengan simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner serta di analisis menggunakan aplikasi Software Komputer.

Hasil: Hasil yang diperoleh adalah terdapat hubungan yang bermakna antara aktivitas sosial dengan kemandirian lansia dengan nilai P sebesar 0,041<α(0,05). Tidak terdapat hubungan bermakna antara aktivitas spiritual dengan kemandirian lansia dengan nilai P 0,614 >α (0.05).

Manfaat: Menambah referensi pengelola PSTW dalam upaya peningkatan pelayanan, dapat menambah wawasan, pengetahuan peneliti tentang hubungan aktivitas sosial dan spiritual terhadap kemandirian lansia, Sebagai bahan referensi untuk peneliti lain dalam penelitian ataupun penyusunan skripsi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-31