hubungan teman sebaya dengan pengetahuan dan sikap tentang bully pada remaja di SMP Negeri 1 sanga-sanga

Authors

  • Eka Diana Putri Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • muhammad bachtiar safrudin

Keywords:

teman sebaya, bully, remaja, siswa-siswi

Abstract

Tujuan studi: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan teman sebaya dengan pengetahuan dan sikap tentang bully pada remaja di SMP Negeri 1 Sanga-sanga. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sanga-sanga.

Metodologi: Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan stratified random sampling. Sampel penelitian adalah siswa-siswi kelas VII dan VIII di SMP Negeri 1 Sanga-sanga sebanyak 203 siswa.Pengumpulan data diperoleh melalui pengisian kuesioner oleh siswa. Analisis data menggunakan univariat dengan mencari distribusi frekuensi.

Hasil: Hasil kesimpulan keseluruhan aspek teman sebaya dengan pengisian kuesioner didapatkan teman sebaya baik berjumlah 120 orang (59,1%) dan kurang baik ada 83 orang (40,9%).

Manfaat: Sebagai sumber informasi dan dapat menambah wawasan khusus pada remaja agartidak melakukan prilaku bully kesesama teman sebaya.Sebagai sumber informasi kepada pihak sekolah SMP untuk memantau dan memberikan pengarahan berkaitan dengan pengetahuan dan sikap remaja tentang bullying di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-31

Most read articles by the same author(s)