Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tekanan Darah pada Lansia Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Air Putih Samarinda

  • husnul husnul khatimah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Rusni Rusni Masnina
Keywords: Dukungan Keluarga, Tekanan Darah, Hipertensi, Lansia

Abstract

Abstrak

Tujuan studi: Untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan tekanan darah pada lansia penderita hipertensi di wilayah kerja air putih samarinda.

Metodologi: Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif, rancangan penelitian diskriptif dengan Correlation study. Penelitian berbentuk cross sectional Populasi penelitian 468 responden dengan sampel 83 responden menggunakan teknik Accidental Sampling.

Hasil: Hasil uji statistik hubungan dukungan keluarga dengan tekanan darah, diliat dukungan emosional dengan  tekanan darah sistolik nilai p-value 0,022 dan tekanan diastolik nilai p-value 0,012. Dukungan penghargaan  dengan tekanan darah sistolik nilai p-value 0,000 dan tekanan diastolik nilai p-value 0,003. Dukungan informasi dengan tekanan darah sistolik nilai p-value 0,036 dan tekanan diastolik nilai p-value 0,010. Dukungan instrumental dengan tekanan darah sistolik nilai p-value 0,000 dan tekanan diastolik nilai p-value 0,001.

Manfaat: Dukungan keluarga sangat diperlukan, dikarenakan dapat mengurangi perasaan cemas pada pasien, menambah semangat hidup, keterikatan pasien melaksanakan pengobatan hipertensi sehingga memperoleh tujuan dari pengobatan hipertensi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-31