Pelatihan Pengolahan Data Menggunakan Aplikasi SPSS Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

  • fenty fauziah UMKT
  • Rinda Sandaya Karhab
Keywords: Penelitian, Pelatihan Pengolahan Data, SPSS

Abstract

Penelitian merupakan salah satu unsur penunjang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Bagi mahasiswa penelitian dituangkan dalam penulisan tugas akhir yang merupakan syarat wajib untuk mencapai kelulusan, sementara bagi dosen penelitian merupakan salah satu kewajiban yang harus dipenuhi. Penelitian dapat besifat kualitatif maupun kuantitatif.  Untuk menunjang hasil penelitian data kuantitatif digunakan alat uji statistik, yang salah satunya adalah penggunaan program SPSS. Berdasarkan survey yang dilakukan terhadap mahasiswa Universitas Muhammadiya Kalimantan Timur Prodi Manajemen, ternyata mahasiswa masih banyak yang belum memahami cara pengoperasian program SPSS. Melihat fenomena tersebut, maka perlu dilakukan kegiatan pengabdian kepada mahasiswa berupa pelatihan pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS kepada serta cara membaca hasil dan menginterpretasikan program SPSS dalam menunjang penelitian.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat yang telah dilakukukan memperoleh hasil antara lain: meningkatnya pengetahuan, pemahaman, keterampilan  mahasiswa tentang cara mengoperasikan program SPSS, menginput dan memproses data serta membaca output atau menginterpretasikan hasil pengolahan data tersebut. Selain itu, pelatihan ini juga melatih mental mahasiswa, sehingga kalau terdapat pertanyaan dari penguji terhadap hasil penelitian, mahasiswa tersebut lebih percaya diri untuk menjawab dan mempertahankan hasil penelitiannya, karena penelitian dan pengolahan data dilakukan sendiri oleh mahasiswa tersebut.  Berdasarkan hasil penelitian ini, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Prodi Manajemen mendapat gambaran mengenai penguasaan keterampilan mahasiswa dalam pengolahan data statistik untuk meningkatkan kualitas penelitian dan karya ilmiah mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-09
Section
Articles