Keterlibatan Orang Tua Dalam Perkembangan Mental Anak Dengan Rasa Syukur Menurut Psikologi Islam

Authors

  • Siti Imalatun Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.30650/ijps.v1i2.3474

Keywords:

Orang Tua, Mental, Syukur

Abstract

Setiap orang tua mengingikan anaknya menjadi orang yang berkepribadian yang baik,sikap mental yang sehat serta akhlak yang terpuji. Orang tua sebagai pembentuk pribadi yang pertamadalam kehidupan anak,dan harus menjadi teladan yang baik bagi anak-anaknya. Kepribadian orangtua,merupakan unsure-unsur pendidikan yang secara tidak langsung akan masuk kedalam pribadianak yang sedang tumbuh.

Pola asuh orang tua merupakan keseluruhan interaksi antara orang tua dengan anak, dimanaorang tua bermaksud menstimulasi anaknya dengan mengubah tingkah laku,pengetahuan serta nilai-nilai yang dianggap paling tepat oleh orang tua,agar anak dapat mandiri,tumbuh dan berkembangsecara sehat dan optimal. Pola asuh yang diterapkan pada anak secara tidak langsiung akan berdampak kepada perkembangan yang dialami anak.kesalahan dalam pemilihan dan penerapan polaasuh pada anak dapat berakibat kepada kondisi mental anak.

Orang tua dan pola asuh memiliki peranyang besar dalam menanamkan dasar keperibadian yang ikut menentukan corak dan gambarankeperibadian seseorang setelah dewasa kelak. Cara dan pola tersebut tentu akan berbeda antara satukeluarga dengan keluarga yang lainnya. Dalam kegiatan memberikan asuhan ini,orang tua akanmemberikan perhatian,peraturan,disiplin,hadiah dan hukuman, serta tanggapan terhadap keinginananaknya. Gambaran tersebut menjadi alas an untuk melihat bagaiman pola asuh yang diberikan orangtua kepada anak mereka yang mengalami gangguan kesehatan mental. Karena orang tua peran yangsangat penting keberadaanya bagi seorang anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-02-28

Issue

Section

Literature Review