Pengaruh Kondisi Psikologis Terhadap Kinerja Mengajar Guru Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.30650/ijps.v1i1.3699Keywords:
kondisi psikologis, kinerja guru, covidAbstract
Kondisi psikologis adalah situasi yang akan mempengaruhi kehidupan individu sehari-hari. Kinerja mengajar guru merupakan kemampuan atau kualitas guru dalam menyelesaikan tanggung jawab kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi psikologis terhadap kinerja mengajar guru selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subjek penelitian adalah guru sekolah dasar dan sekolah menengah. Pengumpulan data menggunakan skala DASS-42 dan skala Kinerja Mengajar Guru. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh psikologis guru terhadap kinerja mengajar guru di masa pandemi Covid-19 (p=0,001). Semakin baik kondisi psikologis guru, maka semakin tinggi kinerja mengajar guru di sekolah.