Pengaruh Kondisi Psikologis Terhadap Kinerja Mengajar Guru Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Tri Novianda Sari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Rahmawati Pratiwi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Desita Dyah Damayanti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.30650/ijps.v1i1.3699

Keywords:

kondisi psikologis, kinerja guru, covid

Abstract

Kondisi psikologis adalah situasi yang akan mempengaruhi kehidupan individu sehari-hari. Kinerja mengajar guru merupakan kemampuan atau kualitas guru dalam menyelesaikan tanggung jawab kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi psikologis terhadap kinerja mengajar guru selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subjek penelitian adalah guru sekolah dasar dan sekolah menengah. Pengumpulan  data  menggunakan  skala  DASS-42  dan  skala  Kinerja  Mengajar  Guru.  Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh psikologis guru terhadap kinerja mengajar guru di masa pandemi Covid-19 (p=0,001). Semakin baik kondisi psikologis guru, maka semakin tinggi kinerja mengajar guru di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-06-21

Issue

Section

Empirical Research