Hubungan Peran Guru dengan Pengetahuan dan Sikap tentang BUlly pada Remaja di SMP Negeri 1 Sanga-sanga
Keywords:
peran guru, pengetahuan, sikap, bullyAbstract
Tujuan :Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara peran guru dengan pengetahuan dan sikap tentang bully pada remaja di SMP Negeri 1 Sanga-sanga.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian analisis korelasi dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel 203 responden . Data diambil menggunakan kuesioner peran guru, pengetahuan dan sikap. Data dianalisis menggunakan uji Rank Spearman
Hasil:peran guru dengan pengetahuan nilai r = 0,049 dengan p valeu<0,05 dan pada peran guru dengan sikap nilai r =0,430 p valeu 0.000<0,05.
Manfaat : Sebagai sumber informasi pada siswa agar tidak melakukan perilaku bully kesesama teman sebaya,menambah pengetahuan dan pengalaman peneliti dan dapat dijadikan informasi guru untuk menanganani remaja kasus bully di sekolah dan menerapkan pencegahan serta penanganan kejadian bully yang terjadi disekolah.