Hubungan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan dengan Kepatuhan Minum Obat pada Odha di Puskesmas Temindung Samarinda

Authors

  • Surya Rakhmat Hidayat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Linda Dwi Novial Fitri Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Pemanfaatan pelayanan kesehatan, Kepatuhan Minum Obat, ODHA, Puskesmas Temindung

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan pelayanan kesehatan dengan kepatuhan minum obat pada odha di Puskesmas Temindung Samarinda.

Metode Penelitian: penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 79 responden dan teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan total sampling. Instrument yang dipakai pada penelitian ini menggunakan kuesioner pemanfaatan pelayanan kesehatan. Dan untuk mengukur kepatuhan minum obat menggunakan rekam medis. Uji statistic menggunakan uji chi-square.

Hasil: hasil penelitian pemanfaatan pelayanan kesehatan ini didapatkan hasil uji statistik yang signifikan yaitu p value = 0.000 < ɑ = 0.05. maka Ha diterima dan dapat diambil kesimpulan terdapat hubungan yang bermakna antara pemanfaatan pelayanan kesehatan dengan kepatuhan minum obat pada odha.

Manfaat : Sebagai masukan untuk puskesmas, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi adanya Hubungan pemanfaatan pelayanan kesehatan dengan kepatuhan minum obat pada odha di Puskesmas Temindung Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-24