Pengaruh Slow Stroke Back Massage (SSBM) terhadap Kualitas Tidur pada Penderita Diabetes Melitus tipe 2 di Wilayah Kerja Puskesmas Juanda Kota Samarinda

Authors

  • Tanti Nur Hayati 082253500266
  • Thomas Ari Wibowo

Keywords:

Kata Kunci: Slow Stroke Back Massage, Kualitas Tidur, Diabetes Melitus tipe 2

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemberian terapi Slow Stroke Back Massage terhadap tingkat kualitas tidur penderita diabetes melitus tipe 2.

Metodologi: Merupakan penelitian pre-eksperimental desain yang digunakan one group pretest- posttest. Peneliti menggunakan teknik nonprobability sampling dalam pengambilan sampel  dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling, jumlah sampel yang digunakan ialah 12 orang responden. Kualitas Tidur diukur menggunakan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Menggunakan teknik analisis Wilcoxon Signed Ranks Test untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah diberikan Slow Stroke Back Massage.

Hasil: Hasil dari uji analisis Wilcoxon menunjukkan hasil p value 0,008 (<0,05) oleh sebab itu Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti ada pengaruh dalam pemberian Slow Stroke Back Massage terhadap kualitas tidur penderita diabetes melitus tipe 2 di wilayah kerja Puskesmas Juanda Kota Samarinda.

Manfaat: Manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan wawasan dan mengembangkan ilmu lebih mendalam bagi peneliti, institusi pendidikan, responden, puskesmas, dan bagi peneliti selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-26