Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi dan Dukungan Keluarga dengan Pemberian ASI Eksklusif pada Bayi Usia 6-12 Bulan di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Harapan Baru Samarinda

  • Mira Wati Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ni Wayan Wiwin Asthiningsih
Keywords: penghasilan, dukungan keluarga, asi eksklusif

Abstract

Tujuan Studi : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi dan Dukungan Keluarga dengan Pemberian ASI Eksklusif pada Bayi Usia 6-12 Bulan di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Harapan Baru.

Metodologi : Penelitian ini menggunakan rancangan Kuantitatif Korelasional dengan pendekatan Cross-sectional. Sampel penelitian sebanyak 107 responden. Pengambilan Sampel menggunakan teknik Cluster Sampling.Dalam menguji Hipotesis Peneliti menggunakan Analisis Uji Chi-Square.

Hasil : Hasil uji Chi-Square menunjukan hubungan antara status sosial ekonomi dengan pemberian ASI Eksklusif dengan nilai (p-Value = 0,017<0,05. r = 0,353) dan hubungan antara dukungan keluarga dengan pemberian  ASI Eksklusif dengan nilai (p-Value = 0,006< 0,05. r = 0,321). Dapat disimpulkan bahwa Terdapat Hubungan yang Signifikan antara Status Sosial Ekonomi dan Dukungan Keluarga dengan Pemberian ASI Eksklusif pada bayi usia 6-12 bulan di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Harapan Baru Samarinda.

Manfaat : Sebagai sumber informasi kepada ibu dalam proses menyusui serta dapat menambah pengetahuan ibu tentang pemberian ASI Eksklusif. Sebagai sumber informasi kepada pihak Puskesmas dan untuk memantau dan mengarahkan ibu yang tidak memberikan ASI Eksklusif terhadap bayi. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber pengetahuan dan pembelajaran bagi para mahasiswa, khususnya mahasiswa Keperawatan. Dapat menambah wawasan dan pengalaman dalam meningkatkan ilmu pengetahuan bagi peneliti. Serta mampu mengaplikasikan ilmu dan metode penelitian secara langsung. Sebagai bahan masukan atau sumber data bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-26