Hubungan Kepatuhan Menjalani Terapi Hemodialisa dengan Kualitas Hidup pasien Gagal Ginjal Kronik yang Menjalani Hemodialisis : Literature Review

  • Lia Iswara Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Siti Muflihatin
Keywords: Kepatuhan Menjalani Hemodialisa, Kualitas Hidup, Gagal ginjal

Abstract

Tujuan studi: Mengetahui hubungan kepatuhan menjalani terapi hemodialisa dengan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode literature review terhadap hasil penelitian dari tahun 2014 sampai 2020 yang berhubungan dengan kepatuhan menjalani terapi hemodialisa dan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik. Jurnal yang dipilih ada 15 jurnal (Nasional dan Internasional). Data dianalisis dengan proses: compare, contrast, criticize, synthesize, dan summarize.

Hasil: Hasil ulasan literature menunjukkan bahwa kepatuhan menjalani terapi hemodialisa berpengaruh terhadap kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik. Pasien yang tidak patuh mayoritas mempunyai kualitas hidup kurang karena alasan pasien merasa bosan, durasi waktu yang cukup lama dan kurangnya dukungan dari keluarga sehingga membuat pasien tidak termotivasi menjalani terapi hemodialisa.

Manfaat: Bagi pasien diharapkan dapat menjadi acuan, motivasi dan menambah pengetahuan dalam wawasan tentang kualitas hidup yang harus dijalankan sehingga pasien lebih meningkatkan kualitas hidup.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-27