Pengaruh Media Video Animasi tentang Mimpi Basah dan Pencegahan Pelecehan Seksual (Eksperimen pada Remaja Disabilitas)

  • Bayu Aji Lestari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • lia kurnia sari
Keywords: Animated videos, Teenagers with disabilities, Wet dreams, Sexual harassment.

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media video animasi tentang mimpi basah dan pencegahan pelecehan seksual pada remaja disabilitas di SLBN Pembina Provinsi Kalimantan Timur.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre experimental design dengan rancangan one grup pretest post test. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah responden 54 siswa/i, instrumen yang dipergunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner yang berisikan tentang pengetahuan tentang mimpi basah dan pencegahan pelecehan seksual. Analisis bivariate menggunakan uji Wilcoxon sign rank test.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh media video animasi tentang mimpi basah dan pencegahan pelecehan seksual pada remaja disabilitas di SLBN Pembina Kalimantan Timur.

Manfaat: Dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan evaluasi dalam penyelenggaraan program pendidikan ilmu kesehatan masyarakat, menjadikan hasil penelitian ini sebagai indikator keberhasilan dari proses belajar mengajar selama kuliah dan digunakan sebagai sumber referensi untuk acuan dan pedoman dalam melakukan penelitian kesehatan ditahun berikutnya. Manfaat untuk sekolah yaitu media video animasi dapat dijadikan alternative dalam memberikan pendidikan kesehatan tentang mimpi basah dan pencegahan pelecehan seksual pada siswa-siswi SLBN Pembina Provinsi Kalimantan Timur karena media video animasi sangat mudah untuk dipahami.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24
Section
Kesehatan Masyarakat