Efektivitas Leaflet Healthy Halal Food Pada Tingkat Konsumsi Makanan Sehat Pada Remaja Di Kalimantan Timur

  • Fikri Anward Yurinaldi Kesehatan Masyarakat
  • Nida Amalia
Keywords: Health, Halal guaranteed, Laflet, Experimenal

Abstract

Tujuan studi: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Media Leaflet Terhadap Tingkat Konsumsi Makanan Sehat dan Halal pada Siswa Siswi SMK Farmasi Tenggarong.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan pre-test dan post-test. Sampel penelitian adalah anggota OSIS SMK Farmasi Tenggarong sebanyak 30 responden yang dipilih menggunakan Total Sampling.

Hasil: Pengaruh pemberian leaflet, dapat dilihat dari data berikut: Data terdistribusi secara normal karena Sig. pre-test dan post-test lebih dari 0,05, ada peningkatan pengetahuan setelah dan sebelum pemberian media leaflet karena ada peningkatan nilai rata-rata pre-test dan post-test, ada hubungan antara pre-test tes dan post-test karena Sig. kurang dari 0,05 dan nilai Sig (2-tailed) = 0,000 < ½ α (0,05) maka Ho ditolak. Jadi, ada perbedaan rata-rata tingkat konsumsi Healthy Halal Food pada responden yang diberi Leaflet Healthy Halal Food dengan responden yang tidak diberi Leaflet Healthy Halal Food.

Manfaat: Menjadikan penelitian ini sebagai penambah wawasan baik itu bagi penulis, responden, maupun produsen makanan. Serta menjadikan bahan renungan bahaya mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan diragukan kehalalannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-27
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>