Analisis Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Company Size (CS), Non Performing Loan (NPL) Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

  • Elisa Hidayah Universitas muhammadiyah kalimantan timur
Keywords: Net Profit Margin, Company Size, Non Performing Loan, dan Nilai perusahaan

Abstract

Tujuan studi: Agar bisa diketahui dan dianalisis bagaimana pengaruh NPM, Company Size (CS), dan Non Performing Loan (NPL) terhadap nilai perusahaan baik secara menyeluruh atau sebagian variabel  perbankan yang terdaftar  di BEI.

Metodologi: Tahun 2017-2018 (selama 2 tahun) adalah periode yang dipilih pada penelitian ini. Penelitian kuantitatif  merupakan jenis penelitian yang terpilih, dengan populasi adalah semua perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI, kemudian diambil yang sesuai kriteria sebanyak 40 perusahaan dari 43 populasi, dengan melalui pemilihan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan. Daya yang dikumpulkan adalah data tidak langsung yang diperoleh dari web yang diakui dan resmi. Teknik analisis menggunakan data panel dengan program pengolah data statistik EViews.

Hasil: Berdasarkan hasil analisis data pengaruhnya terhadap nilai perusahaan adalah sebagai berikut: Secara parsial net profit margin memiliki pengaruh positif serta signifikan, Company Size (CS) memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan, sedangkan Non Performing Loan (NPL) memiliki pengaruh negatif yang tidak signifikan.

Manfaat: Hasil analisa pada penelitian dapat menunjukan bagaimana pengaruh variabel-variabel terhadap nilai perusahaan sehingga hasil studi dapat dimanfaatkan bagi para investor yang ingin mengetahui nilai perusahaan dalam rangka mengembangkan dana investasi pada sebuah perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-31