Hubungan Kebiasaan Sarapan dan Konsumsi Sayur dengan Kejadian Overweight pada Remaja

  • Muhammad Fikri Fahrizal Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Purwo Setiyo Nugroho
Keywords: Kebiasaan sarapan, Konsumsi sayur, Overweight, Remaja

Abstract

Tujuan Studi : Untuk menganalisis hubungan kebiasaan sarapan dan konsumsi sayur dengan kejadian overweight pada remaja di SMAN 1 Sangkulirang.

Metodologi : Dilakukan secara kuantitatif melalui observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasinya adalah siswa SMAN 1 Sangkulirang dengan jumlah sampel sebanyak 73 responden, yang diambil dengan teknik total sampling. Variabel independennya adalah kebiasaan sarapan dan konsumsi sayur sedangkan dependennya yaitu overweight. Adapun pengumpulan data menggunakan kuesioner Goggle Form kemudian mengkonversikan data ke dalam nilai standar (z-score) menggunakan aplikasi WHO Anthro Plus kemudian data dianalisa menggunakan aplikasi statistik SPSS yang kemudian dilanjutkan dengan uji Fisher Exac Test dengan taraf signifikansi adalah α = 0,05.

Hasil : Menunjukkan tidak terdapat hubunganantara kebiasaan sarapan (p = 1,000) dan konsumsi sayur (p = 0,412) dengan kejadian overweight pada remaja di SMAN 1 Sangkulirang.

Manfaat : Hasil studi dapat dimanfaatkan sebagai bahan data awal dan sumber informasi mengenai hubungan kebiasaan sarapan dan konsumsi sayur dengan kejadian overweight pada remaja untuk penelitian selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-27
Section
Kesehatan Masyarakat