Hubungan Stress dan Penerimaan Diri terhadap Kejadian Kanker Payudara di Kalimantan Timur

  • Elvi Natalia Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Stress, Accepting Self, Breast Cancer

Abstract

Tujuan Studi : Tujuan penelitian ini untuk hubungan stress dan penerimaan diri terhadap kejadian kanker payudara di kalimantan timur.

Metodologi : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan case control. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penderita kanker payudara berusia 25 – 65 Tahun di Kalimantan timur yang berjumlah (jumlah nya masukkan disini) responden, yang diambil dengan teknik purposive sampling, tetapi karena terkendala pandemic Corona, sampel yang didapatkan hanya berjumlah 216 responden. Adapun pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui Google Form dan data dianalisa menggunakan Statistic Package for the Social Science (SPSS) yang kemudian dilanjutkan dengan uji Chi-Square dengan signifikansi α = 0.05.

Hasil : Hasil penelitian ini diperoleh bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara stress (p= 1.000) dan penerimaan diri (p= 0.875) terhadap kejadian kanker payudara Kalimantan timur.

Manfaat : Hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan pengetahuan, informasi pembanding, pertimbangan, pengembangan penelitian sejenis untuk melakukan penelitian lebih lanjut

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-28
Section
Kesehatan Masyarakat