Kualitas Mencuci Tangan Perawat dengan Angka Kejadian Infeksi Nosokomial : Tradisional Literature Review

  • Amanda Yudistira Universitas Muhammadyah Kalimantan Timur
  • Alfi Ari Fakhrur Rizal
Keywords: kualitas, Mencuci Tangan, Infeksi Nosokomial

Abstract

Tujuan studi: Adapun tujuan penulis adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas mencuci tangan perawat dengan angka kejadian infeksi nosokomial dengan peneliti sebelumnya.

Metodologi: Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research), rangkaian penelitian yang berkaitan dengan metode pengumpulan data perpustakaan, atau penelitian (jurnal ilmiah) melalui pencarian informasi pustaka pada variabel penelitian.

Hasil: Hasil studi sistematis ini menunjukkan bahwa menurut tinjauan pustaka yang dilakukan oleh peneliti, di antara 20 jurnal terdapat jurnal dengan variabel bebas “infeksi rumah sakit” dan variabel terikat “kualitas”. Selain itu, posisi variabel x dan y tidak persis sama, dan sebagian besar variabel x (infeksi rumah sakit) dan y (kualitas) saling bergantung atau saling terkait. Sebagai contoh, sebuah penelitian yang berjudul "Studi tentang kejadian cuci tangan lima momen dan infeksi rumah sakit" dilakukan.

Manfaat: Penelitian yang dilakukan dapat memberikan manfaat bagi perawat dalam hal mengidentifikasi Kualitas cuci tangan perawat dengan angka  kejadian Infeksi Nosokomial. Serta memberikan informasi dan pemahaman tentang kualitas cuci tangan yang dialami oleh perawat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-27