Gambaran Penggunaan Sarang Burung Walet sebagai Suplemen Penambah Selera Makan di Indonesia : Literature Review Tahun 2020

  • Akhmad Mulyadi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Annaas Budi Setyawan
Keywords: sarang burung walet, suplemen penambah selera makan

Abstract

Tujuan studi : Untuk mengetahui gambaran penggunaan sarang burung walet sebagai suplemen penambah selera makan di Indonesia yang datanya diperoleh pada tahun 2016-2020.

Metodologi: Metode riset ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), Yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan Data pustaka, atau penelitian yang obyek penelitiannya digali melalui dengan Informasi kepustakaan (jurnal ilmiah).

Hasil : Hasil dari penelitian literature ini menunjukkan bahwa dari lima belas jurnal yang diambil didapatkan bahwa kandungan yang terdapat didalam sarang burung wallet dapat berpengaruh untuk nafsu makan dikarenakan kandungan protein, karbohidrat, asam amino dalam sarang burung wallet sangat tinggi dan bagus. Berdasarkan dari Hasil analisis menunjukkan bahwa bagian serabut memiliki kadar protein tertinggi dan kadar nitrit terendah yaitu kadar protein tertinggi yaitu 75,07% ± 0,05% dengan 4,8 ppm, yang mempunyai angka signifikan dibandingkan dengan tubuh serta kaki sarang burung walet.

Manfaat :  Asam amino dalam sarang burung walet ada 20 macam, yang mana terdapat 17 macam asam amino. Terdapat 8 asam amino esensial dan 9 asam amino non esensial . sarang burung walet memiliki asam amino yang lebih lengkap dan lebih banyak dibandingkan makanan lainnya, sehingga sarang burung walet disebut makanan lengkap asam amino. Oleh karena itu sarang burung walet juga dikenal sebagai makanan yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit karena kemampuannya dalam meningkatkan imunitas tubuh, metabolisme dalam tubuh dan memperbaiki bagian organ yang rusak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-27