Hubungan Antara Beban Kerja dengan Motivasi Kerja Perawat di Rumah Sakit: Systematic Literature Review

  • Boy Randica Theo Pasampang Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Maridi M Dirdjo Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Beban Kerja, Motivasi, Perawat, Rumah Sakit, Workload, Motivation, Nurse, Hospital

Abstract

Tujuan studi: Mengetahui hubungan antara beban kerja dengan motivasi kerja perawat di Rumah Sakit.

Metodologi: Riset ini memakai Systematic/Literature Review/(SLR), ialah suatu sintesis/dari riset literatur yang bertabiat sistemik, jelas, merata, dengan mengenali, menganalisis, mengevaluasi lewat pengumpulan data- data/yang telah/terdapat dengan tata cara pencarian yang eksplisit serta mengaitkan proses jajak kritis dalam pemilihan/riset. Informasi yang digunakan 15 jurnal nasional serta internasional/yang diperoleh dari hasil/screening beberapa harian dari/Google Schoolar.

Hasil: Berdasarkan hasil jurnal yang dikumpulkan dan analisa penulis, didapatkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara beban kerja dengan motivasi kerja perawat.

Manfaat: Menjadi sumber informasi dan mengetahui beban kerja merupakan faktor besar yang mempengaruhi motivasi perawat, analisa dari beban kerja dapat dilihat dari tanggung jawab yang diterima oleh perawat, jika beban kerja terlalu tinggi, maka memperkecil beban kerja perawat terhadap tugas yang bukan tanggung jawab dari perawat yang menyebabkan terjadinya penurunan motivasi pada perawat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-27