Analisis Pengaruh Leverage dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas pada Sub Sektor Kosmetik dan Peralatan Rumah Tangga yang Terdaftar di Bei

  • Desri Desri Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Mursidah Nurfadilah Universitas Muhammadiyah Kalimanan Timur
Keywords: leverage, sales growth, profitability

Abstract

Tujuan studi: Melakukan analisis tentang pengaruh dari rasio leverage dan pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas pada perusahaan sub sektor kosmetik dan peralatan rumah tangga yang terdaftar di BEI periode 2012-2018.

Metodologi: Metode yang digunakan yaitu  deskriptif verifikatif berdasarkan data kuantitatif. Analisis statistik yang diterapkan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi, korelasi, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t  dan uji F serta analisis koefisien determinasi. Banyaknya data yang digunakan yaitu lima perusahaan sub sektor kosmetik dan peralatan rumah tangga yang terdaftar di BEI selama tujuh tahun (2012-2018). Pengambilan data sekunder berasal dari informasi keuangan untung rugi yang diperoleh dari situs www.idx.co.id serta perusahaan resmi.

Hasil: penelitian menunjukan  jika leverage secara segmental  berdampak  signifikan pada profitabilitas dan perkembangan penjualan secara segmental tidak berdampak signifikan terhadap profitabilitas, akan tetapi berdampak positif dan relevan  terhadap Profitabilitas. Nilai R Square sebesar 36,1% yang menunjukkan Profitabilitas mendapat penjelasan dari variabel independen. Sedangkan sisanya 63,9% dijelaskan oleh variabel lain.

Manfaat: Penelitian ini diharapkan mampu memberikan wawasan serta tambahan ilmu mengenai pengaruh leverage dan pertumbuhan penjualan pada profitabilitas serta dijadikan referensi yang sepadan dengan teori yang telah dipelajari selama kuliah yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan ekonomi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-30