Hubungan antara Resiliensi dengan Tingkat Kesejahteraan Psikologis Klien Rehabilitasi Narkoba di Badan Narkotika Nasional Kota Samarinda

Authors

  • Muhammad Rifa`i Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Dewi Kamaratih Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Resiliensi, Kesejahteraan Psikologis, Klien Rehabilitasi

Abstract

Tujuan studi: Guna mengetahui keterkaitan antara resiliensi dengan tingkat kesejahteraan psikologis klien rehabilitasi narkoba di Badan Narkotika Nasional Kota Samarinda.

Metodologi: Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kuantitatif. Teknik mengambil sampel pada penelitian ini dengan memakai metode purpossive sampling. Total sampel pada penelitian ini sebesar 40 orang klien yang sedang dalam masa rehabilitasi. Berdasarkan data staf rehabilitasi di atas, semua klien rehabilitasi BNN Kota Samarinda.

Hasil: Dari hasil perhitungan korelasi uji ditemukan koefisien korelasi antara Resiliensi dengan kemakmuran Psikologis sebanyak 0,728 dengan sig. = 0,000 (p < 0.05) artinya ada kaitan yang baik dan besar.

Manfaat: Hasil penelitian dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan kekuatan yang ada pada dirinya agar bisa memandang diri sendiri dengan lebih baik dan melakukan hal positif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-31