Dampak Covid-19 terhadap Kinerja Keuangan dan Harga Saham pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI

Authors

  • Halimatus Sakdiah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Asmadhini Handayani

Keywords:

Covid-19, Harga saham, ROA, OPM, NPM

Abstract

Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak Covid-19 terhadap kinerja keuangan dan harga saham pada perusahaan makanan dan minuman.

Metode Penelitian : Penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Harga saham diukur menggunakan harga saham penutupan dan kinerja keuangan diukur dengan menggunakan rumus rasio profitabilitas yaitu Return On Assets (ROA), Operating Profit Margin (OPM), dan Net Profit Margin (NPM). Penelitian ini menggunakan 15 sampel perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data diolah menggunakan paired sample t test dengan bantuan SPSS 25.

Hasil Penelitian : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 tidak memberikan dampak terhadap harga saham dan ROA. Pandemi Covid-19 memberikan dampak terhadap OPM dan NPM.

Manfaat : Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa menjadi bahan pertimbangan bagi para investor yang ingin melakukan transaksi di pasar modal dengan mengamati dari pengaruh harga saham dan rasio-rasio kinerja keuangan perusahaan akibat dari dampak Pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-25