Analisa Kandungan Air Sungai Mahakam Kota Samarinda Sebagai Air Pencampur Beton

  • Burhanuddin Burhanuddin Universitas Muhammadiyah Kalimantan timur
  • Isnaini Zulkarnain Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Air Pencampur Beton, Air Mahakam, Beton

Abstract

Tujuan Studi : Penelitian bertujuan untuk mengetahui zat kandungan air dari Sungai Mahakam dan pengaruhnya terhadap kekuatan beton.

Metodologi : Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data skunder. Data primer didapatkan dengan pengujian lab dan data sekunder berupa studi literatur terdahulu.

Hasil : Dari study literatur yang kami peroleh pH air yang bisa digunakan sebagai bahan pencampur beton ialah pH air berkisar antara 6,5 – 8,5. Untuk mengetahui kandungan yang terdapat pada air sungai Mahakam perlu dilakukan penelitan dan pembuatan benda uji beton untuk mengetahui kelayakan air sungai Mahakam sebagai air pencampur beton. Beton dibuat dengan kekuatan rencana sebesar 20 MPa yang di uji pada umur 3,7,14, dan 28 hari.  Hasil pengujian kandungan air sungai Mahakam didapatkan pH air 6,4 kekeruhan 111 NTU dan mengandung CaCo3. Hasil pengujian kuat tekan beton pada umur 3 hari 9,974 MPa, 7 hari sebesar 13,559 MPa, 14 hari 13,975 MPa, dan pada umur   28 hari sebesar 17,116 MPa dan beton pembanding pada umur 28 hari yang menggunakan air bersih PDAM kota samarinda sebesar 20,1 MPa. Dari hasil tersebut kami berkesimpulan air sungai Mahakam belum layak sebagai air pencampur beton mutu sampai dengan 20 MPa.

Manfaat : Mendapatkan zat kandungan air Sungai Mahakam dan Pengaruhnya terhadap kekuatan beton.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31