Dampak Pandemi Covid- 19 pada Stres Kerja dan Kinerja Karyawan berdasarkan Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, dan Job Insecurity Karyawan Swasta di Kota Samarinda

Authors

  • Dodyk Adi Irawan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Asmadhini Handayani R

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Job Security, Stres Kerja, Kinerja Karyawan Swasta

Abstract

Tujuan studi: Menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan, lingkungan kerja, dan job insecurity terhadap stres kerja dan kinerja pada karyawan swasta di kota Samarinda.

Metodologi: Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada karyawan swasta yang bekerja di Samarinda dengan jumlah sampel sebanyak 505 responden penelitian. Adapun alat analisis yang digunakan yaitu menggunakan analisis jalur.

Hasil: Gaya kepemimpinan, lingkungan kerja, dan job insecurity berpengaruh secara signifikan terhadap stres kerja secara parsial maupun simultan dan gaya kepemimpinan, lingkungan kerja, dan job insecurity berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja melalui stres kerja secara parsial maupun simultan.

Manfaat: Hasil dari penelitian ini bisa menjadi tumpuan dalam proses pengembangan ataupun pembelajaran secara lebih di kemudian hari. Selain itu penelitian ini bisa membantu khususnya dalam penelitian mengenai sumber daya manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-06