Pengaruh Profitabilitas dan Leverage terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

  • Andy Darmawan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Mursidah Nurfadillah
Keywords: Profitabilitas, Leverage, Kebijakan Dividen

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap kebijakan dividen pada perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dalam pengambilan sampel, purposive sampling merupakan teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 24 perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil: Hasil dari uji menggunakan analisis regresi linier berganda maka didapat hasil bahwa secara simultan variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. secara parsial profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap kebijakan dividen sedangkan leverage berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kebijakan dividen.

Manfaat: Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan dan referensi untuk menilai performa keuangan pada saham perusahaan atau segala sesuatu yang berkaitan dengan performa perusahaan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-25

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>