Studi Deskriptif Perencanaan Karir Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Kota Samarinda

Authors

  • Nur Annisa Universitas Muhamadiyah Kalimantan Timur
  • Karina Putri Alamanda Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Perencanaan Karir, Mahasiswa, Metode Campuran

Abstract

Tujuan studi: Menggambarkan perencanaan karir, melihat faktor-faktor yang mempengaruhi dan faktor yang paling dominan pada perencanaan karir mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Metodologi: Menggunakan jenis penelitian metode campuran kuantitatif dan kualitatif dengan metode analisis statistik menggunakan SPSS dan metode deskriptif. Teknik pengambilan data adalah kuisioner dan wawancara dengan teknik sampling purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. pengorganisasian data, transkrip data, dan analisis.

Hasil: Mahasiswa dengan perencanaan karir tinggi  25%, sedang 61% dan rendah 14%. Faktor-faktor yang mempengaruhi meliputi faktor internal seperti minat dan bakat, prestasi, nilai-nilai kehidupan dan keadaan jasmani pada diri, serta faktor eksternal seperti kehidupan masyarakat dan lingkungan, keadaan ekonomi, pengaruh keluarga, teman dan pendidikan. Faktor dominannya adalah kecerdasan emosi dan kehidupan masyarakat serta lingkungan.

Manfaat: Hasil penelitian dapat digunakan sebagai informasi bagi mahasiswa, masyarakat umum dan lembaga mengenai perencanaan karir

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-31