Hubungan Kecanduan Game Online dengan Kecemasan pada Remaja: Literature Review.

  • Muhammad Boby Surya Putra Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Arier Budiman Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Kecanduan Game Online, Kecemasan, Remaja

Abstract

Latar Belakang: Game online adalah game yang dapat dimainkan dalam modemultiplayer melalui internet. Selainhiburan, game online memiliki beberapa tantangan yang menarik untuk diselesaikan, sehingga orang dapat bermain game online kapan saja dan di mana saja untuk mendapatkan kepuasan. Kecemasan adalah sesuatu yang dialami banyak remaja. Ketergantungan pada perilaku perjudian adalah salah satu faktor yang memperburuk kecemasan.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran, Tingkat, dan Hubungan kecanduan game online dengan kecemasan pada remaja..

Metode: Metode penelitian ini berupa literature review.

Databese: Basis data yang digunakan adalah Google Scholar, Pubmed, dan Pro Quest sebagai sumber komentar terkait intervensi kecanduanjudionlineuntukkecemasanremaja.

Hasil: Berdasarkan hasilpenelusuranliteraturini,dapat ditarik kesimpulanberikut dari 15 majalahreview: 1.) Ketergantungan remajaterhadap game online termasuk dalam kategori parah, 54,5 nkategorisangatrendah 4,3% 2.) Remaja prihatin dengan internet kecanduan judi Pada kategori sangat tinggi B. Pada kategori sangat tinggi yaitu 1,09% (N = 1), risiko kecemasan kecanduan game online 2,86 kali lebih tinggi dibandingkan orang tanpa game online (O: 2,86; 95% CI: 0,55 sampai 14,91) p = 0,212). 3.) Hasil yang diperoleh. Ada hubungan yang signifikan antara kecanduan game online dengan kecemasan remaja. Semakin kecanduan game online, semakin takut, sebaliknya semakin sedikit kecanduan game online, semakin sedikit rasa takut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-12