Hubungan Antara Lingkungan Sosial Dengan Pencegahan COVID-19 Pada Mahasiswa UMKT

Authors

  • Rendy Wardana Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ghozali MH

Keywords:

COVID-19, Lingkungan Sosial, Pencegahan

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui Hubungan Antara Lingkungan Sosial Dengan Pencegahan COVID-19 Pada Mahasiswa UMKT.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang dilakukan kepada Mahasiswa UMKT Prodi Manajemen. Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional yaitu penelitian yang dilakukan sekali saja dalam satu waktu (poin time approach) dengan tujuan mendapatkan hubungan sebab akibat terhadap faktor-faktor  risiko dengan efek. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalaha analisis bivariat dengan menggunakan uji statistik yaitu uji Chi Square / Fisher Exact dengan derajat kepercayaan 95% (α = 0,05).

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara Lingkungan Sosial dengan Pencegahan COVID-19 Pada Mahasiswa UMKT dengan nilai p-value = 0.000 < 0.05.

Manfaat: Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam penyelenggaraan program pendidikan ilmu kesehatan masyarakat, sebagai indikator keberhasilan dalam proses belajar mengajar selama perkuliahan, sebagai sumber referensi dan acuan dalam penelitian berikutnya serta sebagai informasi mengenai hubungan Antara Lingkungan Sosial Dengan Pencegahan COVID-19 Pada Mahasiswa UMKT.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-30

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat