Analisa Perencanaan Ulang Drainase (Studi Kasus j2709alan Kh Wahid Hasyim Sempaja Samarinda)

  • Ilham Wijaya Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Fitriyati Agustina Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Banjir, Drainase, Kapasitas Rancangan

Abstract

Tujuan Studi : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan merencanakan ulang kapasitas dari saluran drainase pada kawasan jalan K.H Wahid Hasyim, dimana selama ini selalu terjadi banjir pada saat musim hujan datang.

Metodologi : Data yang digunakan berupa data curah hujan yang didapat dari Stasiun Hujan Temidung  dan data saluran eksisting dari Dinas Pekerjaan Umum Kota Samarinda. Kedua data tersebut dilakukan analisis perhitungan data berupa analisis hidrologi dan analisis hidrolika.

Hasil : Berdasarkan kondisi dan perhitungan eksisting sesuai keadaan di lapangan diperoleh hasil, bahwa saluran drainase jalan K.H Wahid Hasyim tidakdapat menampung debit rancangan periode ulang pada 2, 5, 10, 20 dan 50 tahun. Dan setelah diperbaikipun hanya dapat menampung debit rancangan periode ulang 2 dan 5 tahun saja. Sehingga dilakukan perencanaan ulang dimensi saluran dranaise dengan tinggi 2,5 m dan lebar 2,5 m menghasilkan kapasitas rencana drainase pada tahun ke-2 sebesar 18,192 m3/detik, kapasitas rencana drainase pada tahun ke-5 sebesar 14,246 m3/detik, kapasitas rencana drainase pada tahun ke-10 sebesar 11,634 m3/detik, kapasitas rencana drainase pada tahun ke-20 sebesar 9,127 m3/detik, kapasitas rencana drainase pada tahun ke-50 sebesar 5,883 m3/detik. dan menampung besarnya debit banjir rencana Q sebesar 31,746 m3/detik. Dari hasil perencanaan ulang bahwa disimpulkan kapasitas drainase pada jalan K.H Wahid Hasyim periode 2, 5, 10, 20 dan 50 tahun dalam kondisi aman, sehingga dapat diterapkan sebagai upaya pengendalian banjir di lokasi tersebut.

Manfaat : Sebagai informasi mengenai kapasitas saluran drainase yang ideal untuk jalan K.H Wahid Hasyim sempaja agar pada saat hujan tidak menimbulkan genangan air dan banjir.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-18