Pengaruh Kompres Hangat Kayu Manis terhadap Penurunan Skala Nyeri Sendi pada Lansia : Literature Review

  • Auliya Fitri Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Dwi Widyastuti
Keywords: Kompres Hangat Kayu Manis, Nyeri Sendi, Lansia

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompres hangat herbal kayu manis terhadap penurunan skala nyeri sendi pada lansia.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan metodeliterature review berdasarkan data dari jurnal ilmiah yang sesuai dengan kriteria inklusi.

Hasil: Hasil analisis dari 17 jurnal, 6 jurnal (35%) menyatakan kompres hangat kayu manis efektif menurunkan skala nyeri sendi, 8 jurnal (47%) menyatakan terdapat pengaruh kompres hangat terhadap penurunan skala nyeri sendi dan 3 jurnal (17,7%) menyatakan kompres herbal berpengaruh terhadap penurunan skala nyeri sendi. Hal ini menunjukkan bahwa kompres hangat herbal kayu manis memiliki pengaruh terhadap penurunan skala nyeri sendi pada lansia karena memberika rasa hangat dan fungsi kandungan kayu manis yang dapat mengurangi nyeri sendi pada lansia.

Manfaat: Manfaat penelitian ini dapat menambah pengetahuan dalam bidang keperawatan dan dapat diaplikasikan sebagai pengobatan non farmakologi untuk mengurangi skala nyeri sendi pada lansia dengan menggunakan kompres hangat herbal kayu manis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-12