Analisa Debit Banjir Rancangan dan Evaluasi Saluran Drainase pada Kawasan Jalan K.H Wahid Hasyim

  • Nur Ikhsan Junaedi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Fitriyati Agustina. Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Design Flood Discharge, Drainage Capacity, Evaluation Of Drainage Of The K.H Wahdi Hasyim Road Arena

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui debit banjir rancangan dikawasan studi serta mengetahui kapasitas saluran drainase sebelum dilakukannya perencanaan ulang.

Metodologi: Lokasi yang dijadikan objek penelitian adalah pada ruas Jalan K.H Wahid Hasyim Sta 0+300 s/d 0+475.dimana dalam tahapan penelitian dibagi menjadi dua yaitu tahap persiapan yg berupa survey lokasi dan tahap pengumpulan data, adapun data yang dikumpulkan pada penelitian yaitu terbagi menjadi dua yaitu data primer yang dilakukan dengan cara menghitung tinggi, lebar, dan luas saluran, dan data sekunder yang meliputi data curah hujan yang di dapat dari stasiun hujan bmkg Temindung serta data existing saluran yang didapat dari dinas pupr Kota Samarinda. dari data tersebut dilakukan perhitungan analisa hidrologi dan hidrolika dengan metode E.J Gumbel yang kemudian dapat ditarik kesimpulan untuk di evaluasi bahwa kondisi saluran tidak dapat menampung debit banjir dan perlu dilakukan perencanaan ulang.

Hasil: Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kapasitas saluran darinase yang ada pada kawasan Jalan K.H Wahid Hasyim sudah tidak mampu menampung debit banjir yang ada. Hal inilah yang menyebabkan pada kawasan tersebut masih sering terjadinya banjir terutama pada saat musim penghujan.

Manfaat: Sebagai informasi untuk menambah wawasan kepada masyarakat dan instansi terkait mengenai kapasitas saluran drainase pada kawasan Jalan K.H Wahid Hasyim yang sudah tidak dapat menampung dibit banjir lagi, yang menyebabkan air pada saluran meluap ke permukaan dan jalan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-18