Tingkat Pemahaman Siswa Kelas X Terhadap Permainan Sepak Bola di SMA YPK Tenggarong

  • Galan Dwi Frihanata Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Jeane Betty Kurnia Jusuf Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Pemahaman, Sepak Bola, Siswa Kelas X

Abstract

Tujuan studi:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa kelas X terhadap permainan sepak bola di SMA YPK Tenggarong,Kutai Kartanegara.

Metodologi:Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitaitf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Instrumen yang digunakan adalah angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA YPK Tenggarong yang berjumlah 35 orang siswa. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif dengan presentase.

Hasil:Hasil Penelitian Ini Menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa kelas X terhadap permaian sepak bola di SMA YPK Tenggarong pada kategori sangat tinggi sebesar 5,7% (2 siswa), kategori 22,9% (8 siswa), kategori sedang 37,1% (13 siswa), kategori rendah 28,6% (10 siswa), dan kategori sangat rendah 5,7% (2 siswa). Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman siswa X terhadap permainan sepak bola di SMA YPK Tenggarong dalam kategori sedang.

Manfaat:Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat menjadi referansi dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada pembelajaran permainan sepak bola di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31
Section
Pendidikan Olahraga