Tingkat Pemahaman Siswa Kelas X terhadap Permainan Bola Basket di SMA YPK Tenggarong Kutai Kartanegara

  • Rehani Isnanda Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Jeane Betty Kurnia Jusuf
Keywords: Pemahaman, Siswa Kelas X, Permainan Bola Basket

Abstract

                                                                                                       Abstrak

Tujuan studi: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat pemahaman siswa kelas X terhadap permainan bola basket di SMA YPK Tenggarong Kutai Kartanegara.

Metodologi: Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan angket pernyataan. Instrumen penelitian berupa validitas sebesar 0.396 dan Hasil uji reliabilitas diperoleh sebesar 0,878. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA YPK Tenggarong Kutai Kartanegara sebanyak 35 orang. Berdasarkan jenis penelitiannya, penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan persentase.

Hasil: Hasil penelitian diketahui tingkat pemahaman siswa kelas X terhadap pemahaman permainan bola basket di SMA YPK Tenggarong Kutai Kartanegara berbeda disetiap indikator memiliki persentase berbeda di indikator pengertian permainan presentase sebesar 84%, indikator pengertian spesifik sebesar 84%, indikator memahami peraturan permainan sebesar 85%, dan indikator fasilitas, sarana dan prasarana sebesar 80%. Hasil tersebut disimpulkan tingkat pemahaman siswa kelas X SMA YPK Tenggarong Kutai Kartanegara adalah 84% dengan kategori tinggi.

Manfaat:Manfaat hasil penelitian secara teoritis, untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap permainan bola basket.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-14
Section
Pendidikan Olahraga