Hubungan Stres dengan Perilaku Penggunaan Rokok Elektrik di Era New Normal pada Mahasiswa Kesehatan Masyarakat UMKT

  • Muhammad Fahri Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Panca Ruswana Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Stress, Perilaku Merokok, Rokok Elektrik, Era New Normal, Mahasiswa

Abstract

Tujuan studi: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan tingkat stres dengan perilaku merokok elektrik di era new normal pada mahasiswa kesehatan masyarakat UMKT

Metodologi: Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional dengan sampel yang ada di penelitian ini, jumlah populasi dan sampel sebanyak 231 responden yang diambil. Penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling untuk menentukan jumlah respondennya. Pada variabel independen ini adalah perilaku merokok elektrik, sementara variabel dependennya adalah tingkat stres. Untuk instrument penelitian ini menggunakan google form sebagai kuesionernnya. Hasil kuesioner tersebut akan diananlisis ke SPSS dengan uji chi square Dengan α = 0.05.

Hasil: Tidak ada hubungan tingkat stres dengan perilaku rokok elektrik, dikarenakan setelah dilakukan uji chi-square dengan hasil yang didapatkan ɑ = 0.05, diperoleh bahwa nilai p = 0.553 > 0.05 yang artinya terdapat tidak ada hubungan antara tingkat stres dengan perilaku penggunaan rokok elektrik di era new normal pada mahasiswa S1 kesehatan masyarakat UMKT, yang artinya H1 di tolak karena tidak ada hubungan.

Manfaat: Berharap pada penelitian ini bermanfaat bagi mahasiswa atau orang sekitarnya sebagai hasil informasi dan pengetahuan tentang hubungan tingkat stres dengan perilaku merokok elektrik di era new normal pada mahasiwa kesehatan masyarakat UMKT.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-30
Section
Kesehatan Masyarakat