Hubungan antara Minat Belajar Mahasiswa POR UMKT Selama Masa Pandemi Covid-19 terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa POR UMKT

  • Hasnur Hasnur Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Nanda Alfian Mahardika
Keywords: minat belajar, prestasi belajar, mahasiswa por umkt

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiwa POR UMKT angkatan 2017,2018 dan 2019 pada saat masa pendemi covid-19.

Metodologi: Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kuantitatif, populasi penelitian ini berjumlah 67 responden dengan sampel 30 responden mahasiswa prodi pendidikan olahraga angkatan 2017, 2018, dan 2019, metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan kolerasi Product Moment.

Hasil: Berdasaran hasil analisis data yang diperoleh menggunaka koefisien korelasi rhitungsebesar 0,565 sedangkan rtabel pada taraf signifikan 5% dengan dkn sebesar 30 sebesar 0,361, dapat diketahui bahwa rhitunglebih besar dari rtabelatau dapat diformulasikan rhitung(0,565)> rtabel(0,361), maka hipotesis alternatif  (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Sedangkan dilihat dari tabel interpretasi nilai “r” product moment bahwa rhitung(0,565) terletak pada 0,60-0,80 yang berarti adalah sedang dan cukup. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ada hubungan yang signifikan antara minat belajar antara prestasi belajar POR UMKT angkatan 2017, 2018, dan 2019.

Manfaat: Manfaat Penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan dan bahan pertimbanganpada penelitian selanjutnya, serta memberikan wacana secara teorimengenai minat belajar terhadap prestasi belajar dan sebagai pertimbangan dalam mengambil tindakan dalam upaya mengoptimalkan proses pembelajaran serta untuk menambah wawasan dan pengalaman dalam mempelajari karakteristik permasalahan yang di hadapi mahasiswa dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-14
Section
Pendidikan Olahraga