Utilizing Reciprocal Teaching Method To Improve The Students' Reading Comprehension At Sma Negeri 1 Muara Jawa
Keywords:
Reciprocal Teaching Method, Reading ComprehensionAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui dampak dari penggunaan metode Reciprocal Teaching Method (RTM ) dalam meningkatkan pemahaman membaca pada siswa kelas 1 di SMA Negeri 1 Muara Jawa. Metode Reciprocal Teaching Method adalah salah satu dari jenis metode lainnya yang dimana memiliki empat strategi : memperkirakan, menjelaskan, merangkum, dan bertanya. Pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, test, dan wawancara, yang mana data tersebut diambil dari kelas yang berjumblah 34 siswa pada penelitian ini. Hasil yang ditunjukan adalah ‘ siswa menjadi aktif dan secara intensif kemampuan membaca siswa meningkat selama metode RTM di terapkan. Dan bisa dikatakan penggunaan metode pembelajaran Reciprocal Teaching Method efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Oleh karena itu para tenaga pendidik disarankan untuk mempertimbangkan metode ini untuk meningkatkan kemampuan membaca serta menanamkan ke siswa bagaimana menerapkan keempat strategi tersebut dalam pembelajaran membaca.