Hubungan Antara Beban Kerja dengan Stres Kerja pada Petugas Lembaga Permasyarakatan

Authors

  • Hilda Ardita Sari Universitas Muhammadiyah kalimantan Timur
  • Kresna Febriyanto

Keywords:

Beban Kerja, Stres Kerja, Lembaga Permasyarakatan

Abstract

Tujuan studi: Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya hubungan Hubungan Antara Beban Kerja Dengan Stres Kerja Pada Petugas Lembaga Permasyarakatan

Metodologi: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang dilakukan kepada Petugas Lembaga Permasyarakatan yang berada di Kota Tenggarong. Desain Cross Sectional digunakan dalam penelitian ini bertujuan untuk mempelajari hubungan atau korelasi diantara faktor risiko dengan faktor akibat yang didapatkan dengan proses obesevasi serta pengumpulan data. Analisis penelitian ini menggunakan  analisis bivariat serta menggunakan  uji statistik spearmen dengan tingkat signifikasi (α = 0,05).

Hasil: Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa antara beban kerja dengan stress kerja pada petugas lembaga pemasyarakatan memiliki pengaruh yang signifikan dengan nilai sig(2-tailed) = 0.002 < 0.05.

Manfaat: Manfaat yang dapat dihasilkan dari adanya penelitian ini adalah untuk bahan evaluasi kepada berbagai pihak untuk proses penyelenggaan kegiatan pendidikan pada ilmu kesehatan masyarakat, menjadi indikator keberhasilan dalam proses pembelajaran dalam kegiatan perkuliahan, untuk bahan acuan atau referensi yang dapat digunakan dalam penelitian selanjutnya serta digunakan sebagai sumber informasi terkait hubungan antara beban kerja dengan stress kerja pada pegawai Lembaga Permasyarakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-13

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

> >>