Analisis Pengaruh Karakteristik terhadap Profil Penggunaan Obat pada Pasien Diabetes Mellitus Gestasional di Pelayanan Kesehatan Kota Samarinda

  • Andi Rusdaniah Samarinda
  • Mutia Dewi Martilia Alim Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Diabetes Mellitus Gestasional, Karakteristik, Profil Pengunaan Obat

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui pengaruh dan hubungan yang terjadi dan antara karakteristik yang dimiliki pasien dengan profil penggunaan obat yang dijalani pasien di pelayanan kesehatan Kota Samarinda.

Metodologi: Penelitian  ini  merupakan penelitian deskriptif  kuantitatif,  dengan menggunakan rekam medis pasien yang diambil secara retrospectivedidapatkan 37 pasien yang memenuhi kriteria inklusi yang kemudian data diolah menggunakan SPSS V26 dan dianalisis dengan menggunakan uji Mann – Whitney.Sampel merupakan pasien DMG yang melakukan pemeriksaan dan pengobatan di pelayanan kesehatan Kota Samarinda.

Hasil: Berdasarkan hasil penelitian ini tidak terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik responden dengan profil penggunaan obat. Hal tersebut diperkuat dengan hasil analisis nilai (p>0,05).

Manfaat: Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan informasi sebagai data awal dalam penelitian selanjutnya mengenai hubungan karakteristik pasien DMG dengan profil penggunaan obat di pelayanan kesehatan Kota Samarinda.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-14