Gambaran Profil Pengobatan dan Analisis Potensi Interaksi Obat pada Pasien DMG dengan Penyakit Penyerta pada Pelayanan Kesehatan Kota Samarinda

  • Fitriyanti Fitriyanti universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • Muthia Dewi Marthilia Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: dm gestasional, interaksi obat, penyakit penyerta

Abstract

Tujuan studi: Untuk Mengidentifikasi profil pengobatan dan Menganalisis potensi interaksi obat pada pasien diabetes mellitus gestasional dengan penyakit penyerta pada pelayanan kesehatan Kota Samarinda

Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode observasional dengan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan secara retrospektif berdasarkan data rekam medis pasien pada pelayanan kesehatan Samarinda periode Januari 2017– April 2021. Analisis data menggunakan Uji Chi Square Test (Kai Kuadrat) dengan SPSS kemudian dilakukan analisis data interaksi obat menggunakan Drug Interaction Checkeruntuk mengetahui tingkat keparahan interaksi, penyajian profil pengobatan dalam bentuk persentase menggunakan Microsoft Excel.

Hasil: Dari 26 sampel pasien yang paling banyak adalah usia 36-45 sebanyak 15 pasien (57,69%) dibandingkan dengan usia 26-35 sebanyak 11 pasien (42,30%), jumlah obat yang digunakan <5 sebanyak 21 sampel (80,76%) dibandingkan >5 sebanyak 5 sampel (19,23%). Penggunaan obat antidiabetes yang paling banyak yaitu metformin golongan biguanid sebanyak 18 sampel (41,86%), penyakit penyerta yang paling banyak diderita oleh pasien yaitu Hipertensi sebanyak 8 (18,60%), obat penyakitpenyertayang banyak digunakan yaitu Amlodipine sebanyak 5 sampel (11,36%). Jumlah obat yang tidak berinteraksi lebih banyak yaitu 19 sampel (73,07%) dibandingkan obat yang berinteraksi sebanyak 7 sampel (26,92%), interaksi yang terjadi ada 9 (100%) pada 7 pasien semua masuk dalam kategori MonitorClosely / Moderatedan obatyangpalingbanyak berinteraksi yaitu metformin dan amlodipin. Berdasarkan nilai p-Value yang dihasilkan yaitu 0,010 artinya <0,05 adanya hubungan antara jumlah obat dengan kejadian interaksi.

Manfaat: Sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan pengetahuan profil pengobatan dan potensi interaksi obat pada pasien diabetes mellitus gestasional dengan penyakit penyerta.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-14