Hubungan Penggunaan Gadget dengan Emosional Anak Usia Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah 5 Samarinda

Authors

  • Soefyan Hadinata Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Soefyan Hadinata

Keywords:

penggunaan gadget, Emosional Anak, Anak Usia Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan studi: Untuk menganalisa Hubungan Penggunaan Gadget dengan Emosional Anak Usia Sekolah di SD Muhammadiyah 5 Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini dilakukan terhadap 97 responden, dengan metode kuantitatif berbentuk descriptive corelation dengan pendekatan croos sectional menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang dibagikan melalui google from.

Hasil: Penelitian yang dilakukan kepada 97 responden,didapatkan hasilĀ  penggunaan gadget tinggi sebanyak 45 siswa (46,4%) dan penggunaan rendah sebanyak 52 siswa (53,6%). dan data menunjukan bahwa siswa yang kurang baik ada sebanyak 46 siswa (47,4) dan anak yang baik ada sebanyak 51 siswa (52,6%). Dari hasil jika nilai dari P value adalah 0,34 yang berartiĀ  dari nilai > 0,05 sehingga tidak terdapat hubungan yang signifikat antara penggunaan gadget dengan emosional anak pada usia sekolah dasar. Didapatkan juga hasil oods ratio yang bernilai 0,677 yang artinya penggunaan gadget yang tinggi berpeluang 0,677 kali lebih besar dari pada penggunaan gadget yang rendah.

Manfaat:pada penelitian ini diarapkan instansi tempat penelitian dapat memanfaatkan skripsi penelitian ini sebagai sumbangan pemikiran dan bahan masukan untuk tingkat Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Anak Usia Sekolah di SD Muhammadiyah 5 Samarinda. Agar Dapat Membuat Pihak Sekolah Menjadi Lebih Peduli Kepada Perkembangan Anak Usia Sekolah Yang Sering Menggunakan Gadget Secara Berlebihan agartidak berdampak buruk pada pesertadidiknya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-25