Efektifitas Air Rebusan Daun Seledri Terhadap Kadar Asam Urat Pada Lansia Di Posyandu Lansia Jonggon Jaya Kutai Kartanegara

Authors

  • Hudayati Hudayati Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Farid Rahmat Hidayat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

huda

Abstract

Tujuan studi: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas air rebusan daun seledri terhadap kadar asam urat pada lansia di posyandu lansia jonggon jaya kutai kartanegara

Metodologi: penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control grup design. Sampel penelitian adalah penderita asam urat pada posyandu lansia jonggon jaya kutai karatanegara sebanyak 30 responden. Pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan metode random sampling.

Hasil: Ada perbedaan rata-rata pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai sig (2-tailed) 0,000 α < (0.05) artinya H0 di tolak. Maka ada perbedaan kadar asam urat pada kelompok diberi air rebusan daun seledri dan kelompok yang tidak diberikan air rebusan daun seledri.

Manfaat: Menjadikan penelitian ini untuk menambah wawasan baik penulis, responden, dan institusi pendidikan serta dapat menjadikan sebagai pengobatan nonfarmakologi dalam menurunkan kadar asam urat darah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-25