Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kepatuhan Perawatan Luka Kaki Diabetik

Authors

  • Ledy Ervita STIK Muhammadiyah Pontianak

Keywords:

kepatuhan, diabetes mellitus, luka kaki diabetic, perawatan luka

Abstract

Abstrak

Tujuan studi: Untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepatuhan perawatan luka pada pasien luka kaki diabetik.

Metodologi: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Cross Sectional Study dengan sampel berjumlah 50 orang yang melakukan perawatan luka kaki diabetik. Analisis data dilakukan dengan uji Chi-Square dan uji Regresi Logistik Biner.

Hasil: Faktor dukungan keluarga mempunyai besaran p value 0.011 < 0.05 dan nilai dari OR didapat sebesar 0.033 yang mempunyai arti bahwa pasien dengan luka kaki diabetik dengan dukungan keluarga yang mendukung memiliki kecenderungan untuk patuh melakukan perawatan luka daripada pasien DM yang tidak memiliki dukungan keluarga yang mendukung.

Manfaat: Manfaat dari studi ini sebagai bahan informasi dari faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepatuhan perawatan luka diabetik.

 

                                                                                                      Abstract

Purpose of study: The purpose of this study was to determine the factors that influence adherence to diabetic foot wound care.

Methodology: The research design used in this study was quantitative with a Cross Sectional Study design with a sample of 50 people who treated diabetic foot wounds. Data analysis was performed using the Chi-Square test and Binary Logistic Regression test.

Results: The family support factor has a p value of 0.011 <0.05 and the value of OR is 0.033 which means that patients with diabetic foot wounds with supportive family support have a tendency to comply with wound care than patients who do not have supportive family support.

Applications: The benefit of this study is as information on the factors that influence adherence to diabetic wound care.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-25