Hubungan Kualitas Tidur dengan Tingkat Depresi pada Remaja Selama Pandemi Covid-19

  • Bella Saphira Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Mardiana Mardiana
Keywords: Kualitas Tidur, Tingkat Depresi, Remaja

Abstract

Tujuan Studi :Kesehatan mental pada remaja merupakan masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi perkembangan dan produktivitas remaja dimasa depan serta rentan mengalami gangguan kesehatan mental termasuk depresi. Bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Kualitas Tidur dengan Tingkat Depresi pada Remaja selama Pandemi COVID-19.

Metodologi :Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi adalah mahasiswa/i prodi S1 Kesehatan Masyarakat FKM UMKT dengan sampel sebesar 85 respondenmenggunakan teknik Stratified random sampling. Pengukuran menggunakan kuesioner PSQI dan CES-D. Uji Statistik menggunakan Spearman rank dengan derajat kepercayaan 95% (α = 0,05).

Hasil :Berdasarkan hasil uji didapatkan p value = 0,015< 0,05 artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas tidur dengan tingkat depresi pada remaja selama pandemi COVID-19.

Manfaat :Hasil penelitian dapat digunakan sebagai bahan pertimbanganuntuk kebijakan terkait peningkatan derajat kesehatan khususnya kesehatan mental pada kelompok remaja

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-25
Section
Kesehatan Masyarakat