Gambaran Ibu Hamil Trimester III yang melakukan Kontrol Kehamilan di Klinik Islamic Center di Masa Pandemi Covid-19

  • Nor Latipah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Tri Wahyuni
Keywords: Kehamilan dan ibu hamil

Abstract

Latar Belakang : Kehamilan merupakan perkembangan dan pertumbuhan janin diawali sejak pertemuan antara ovum dan sperma yang sehat serta dapat menyebabkan pembuahan dan diakhiri dengan persalinan. Pada kehamilan dapat menyebabkan perubahan yang nyata bagi ibu hamil baik perubahan secara fisiologis maupun psikologis. Adapun dampak dari perubahan psikologis pada ibu hamil yaitu ibu mengalami kecemasan, kekhawatiran dan bahkan depresi. . Ibu hamil diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan setiap 1 bulan sekali. Pemeriksaan kehamilan merupakan tindakan yang meningkatkan kesehatan mental dan fisik pada ibu hamil.

Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik ibu hamil trimester III di Klinik Islamic Center Samarinda di masa pandemi Covid-19.

Metode : penelitian ini menggunakan metode cross sectional. adapun jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 93 ibu hamil trimester III yang didapatkan menggunakan teknik consecutive sampling.

Hasil dan Kesimpulan : Dalam penelitian ini didapatkan karakterstik responden yang dominan adalah usia 20-35 tahun sebesar 78 responden (83.9%), status pekerjaan sebagai Ibu Rumah Tangga atau tidak bekerja sebesar 68 responden (73,1%), Jarak kehamilan 0 tahun sebesar 37 responden (39.8%), suku jawa dengan jumlah 39 responden (41.9%), tekanan darah berupa sistolik 120-130 mmHg sebesar 55 responden (59.1%), diastolik 80-90 mmHg sebesar 79 responden (84.9%), dan jenis paritas nullipara sebesar 37 responden (39.8%).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-25