Hubungan Pengetahuan Tumbuh Kembang dengan Kenakalan Remaja Sekolah di Wilayah Puskesmas Harapan Baru Kota Samarinda
Keywords:
Pengetahuan, Tumbuh Kembang, Kenakalan RemajaAbstract
Tujuan studi: penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pengetahuan tumbuh kembang dengan kenakalan remaja sekolah di wilayah Puskesmas Harapan Baru.
Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Total sampel sebanyak 337 responden, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Total Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah divalidasi dan uji yang digunakan dalam penelitian ini adalahSpearman
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 235 orang (69.7%) kenakalan telah terjadi di sekolah serta terdapat hubunganyang signifikan antara pengetahuan tumbuh kembang dengan kenakalan remaja sekolah (p-value=0.025; r -0.122).
Manfaat: Diharapkan adanya intervensi untuk meningkatkan pengetahuan dalam mencegah kenakalan dan perlu studi lebih lanjut terkait determinan perilaku lainnya yang signifikan terahdap kenakalan