Hubungan Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan Ibu dengan Risiko Kejadian Campak pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Palaran
Keywords:
Pendidikan, Pengetahuan, CampakAbstract
Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan tingkat pendidikan dan pengetahua ibu dengan risiko kejadia campak pada balita di wilayah kerja puskesmas palaran
Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik menggunakan desain Cross Sectional. Variabel pada penelitian ini yaitu variabel independen tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu sedangkan variabel dependen yaitu risiko kejadian campak pada balita. Tempat penelitian ini dilakukan diwilayah kerja puskesmas palaran yang mencakup 3 kelurahan simpang pasir, handil bakti dan rawa makmur. Teknik penarikan sampel menggunakan Systematic random sampling dengan jumlah sampel 96 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji Chi Square.
Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tidak ada hubungan tingkat pendidikan dengan risiko kejadian campak pada balita P=0,914 > α 0,05 (PR=0,872;95%CI=0,409-1,859) dan Ada hubungan pengetahuan ibu dengan risiko kejadian campak pada balita P=0,047 < α 0,05 (PR=0,400;95%CI=0,192-0,831).
Manfaat: Diharapkan dapat menambah informasi masyarakat mengenai penyebab, cara penularan serta pencegahan penyakit campak, bagi puskesmas diharapkan sebagai bahan pertimbangan untuk membuat program agar masyarakat mau melakukan imunisasi campak