Hubungan Lingkungan Sekolah dengan Pengetahuan dan Sikap Tentang Bully pada Remaja di SMPN 1 Sanga-sanga
Keywords:
lingkungan sekolah, bully, remajaAbstract
Tujuan studi: Tujuan dalam penelitian ini agar mengetahui adanya hubungan lingkungan sekolah dengan pengetahuan dan sikap tentang bully pada remaja di SMP Negeri 1 Sanga-sanga.
Metodologi: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan pengumpulan data diperoleh dengan melakukan observasi (wawancara) dan pengisian kuesioner. Analisis data menggunakan univariat dengan mencari distribusi frekuensi
Hasil: Hasil kesimpulan keseluruhan aspek hubungan lingkungan sekolah dengan pengetahuan dan sikap tentang bully pada remaja baik berjumlah 118 orang (58,1%)dan kurang baik ada 85 orang (41,9%).
Manfaat: Hasil penelitian ini diharapkan dapat sebagai sumber informasi agar tidak melakukan prilaku bully kepada sesame teman sebaya, lingkungan sekolah dan media social dan dapat menambah pengetahuan dan pengalam peneliti terhadap pengaruh pendidikan kesehatan remaja (permasalahan bullying) pengetahuan dan sikap pada remaja di kesehatan samarinda