Peningkatan Kemampuan Perawatan Vulva Hygiene Saat Menstruasi Bagi Siswi Berkebutuhan Khusus di SLB Samarinda

Authors

  • Rini Ernawati Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Siti Khoiroh Muflihatin Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Marjan Wahyuni Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.30650/jp.v2i2.1341

Keywords:

vulva hygiene, menstruasi, disabilitas

Abstract

Setiap remaja putri  mengalami menstruasi, hal ini normal, namun memerlukan suatu pengetahuan agar tidak mengalami kesulitan khususnya soal menstruasi (Aryani, 2010). Remaja putri dengan berkebutuhan khusus lebih membutuhkan informasi tentang bagaimana perawatan diri saat menstruasi seperti berapa kali ganti pembalut, bagaimana cara membersihkan organ intim yang benar, agar tidak mudah terjadi infeksi pada organ genitalia. Salah satu cara memberikan informasi kepada siswa berkebutuhan khusus adalah dengan cara memberikan pendidikan kesehatan reproduksi tentang perawatan vulva hyigiene saat menstruasi. Sehubungan dengan keterbatasan siswi disabilitas, maka dalam menyampaikan materi dilakukan  menggunakan media boneka dan video untuk memperjelas materi  juga dibantu oleh guru pendamping dari SLB yang menjelaskan dengan bahasa isyarat ( non verbal) . Kegiatan pengabdian ini dilakukan kepada 50 siswi disabilitas yang ada di SLB Samarinda. Siswi dikumpulkan di aula sehingga memudahkan untuk hadir bagi siswa yang memiliki keterbatasan motorik ( menggunakan kursi roda). Kegiatan ini berlangsung 3 jam. Hasil yang diperoleh adalah siswi memahami tentang konsep menstruasi, perawatan mandiri saat menstruasi, bagaimana membuang pembalut , dan memahami cara membersihkan organ intim dengan benar. Hal ini juga memberi motivasi kepada para guru untuk mengaktifkan UKS dalam rangka  memberikan pelayanan kesehatan kepada para murid.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-06-10