Clean Up Day : Alat Permainan Edukatif Pengenalan Lingkungan untuk Taman Kanak-Kanak Berbasis Website

Authors

  • Andri Lukman Nurjaman Informatika, Universitas Jenderal Soedirman
  • Muhammad Thoriq Aziz Informatika, Universitas Jenderal Soedirman
  • Lena Rosmayani Fisika, Universitas Jenderal Soedirman
  • Irfan Agus Tiawan Informatika, Universitas Jenderal Soedirman
  • Yogiek Indra Kurniawan Informatika, Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.30650/jp.v2i1.1635

Keywords:

alat permainan edukatif, pengenalan lingkungan, taman kanak-kanak, virus covid-19, website

Abstract

Adanya pandemic Virus Covid-19 membuat berbagai macam sektor dalam kehidupan di Indonesia berubah drastis. Salah satunya adalah di bidang pendidikan, yang mengharuskan lebih banyak belajar di rumah untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Kesulitan dalam pembelajaran di rumah dialami oleh berbagai macam tingkatan, mulai dari taman kanak-kanak (TK) sampai perguruan tinggi, tidak terkecuali di TK Dharma Wanita, Purbalingga, Jawa Tengah. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk pembelajaran di rumah adalah dengan alat permainan edukatif yang dapat digunakan oleh setiap siswa di rumah masing-masing. Pada kegiatan ini, dibangun sebuah game edukatif berbasis website mengenai pengenalan lingkungan untuk TK Dharma Wanita yang diberikan nama “Clean Up Day”. Hasil kegiatan ini adalah sebuah game edukatif yang telah dapat membantu pembelajaran siswa-siswa di tingkat Taman Kanak-Kanak untuk mengenal lingkungannya. Hasil pengujian blackbox menunjukkan bahwa aplikasi telah sesuai dengan yang diharapkan, sedangkan hasil pengujian User Acceptance Test mendapatkan nilai rata-rata 85% dengan indikator “Sangat Baik” yang menunjukkan bahwa aplikasi telah dapat digunakan untuk membantu para siswa taman kanak-kanak untuk mempelajari lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-29