Gambaran Spasial Kejadian Diare Pada Balita Berdasarkan Kondisi Sanitasi Lingkungan Dan Personal Hygiene Di Wilayah Kerja Puskesmas Lempake Kota Samarinda

  • Dirza ariya syaputra Universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • Syamsir Syamsir
Keywords: Diare, Kondisi sanitasi lingkungan, kebiasaan hidup sehat

Abstract

Tujuan Studi: Penelitian ini untuk mengetahui gambaran spasial kejadian diare berdasarkan sanitasi lingkungan dan personal hygiene terhadap keberadaan vector ,jenis air bersih untuk mencuci peralatan makanan,pengolahan makan minum dan pengolahan sampah rumah tangga di wilayah kerjaPuskesmas Lempake, Kota Samarinda.

Metodologi: Sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak188 responden dengan menggunakan metode Simple random sampling. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional dari data yang kumpulkan menggunakan lembar kuesioner.

Hasil: Penelitian dari uji statistikchi-squarediperolehjumlahp value = 0,043 < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara jenis air bersih yang digunakan untuk mencuci peralatan makan minum dengan kejadian diare di wilayah kerja Puskesmas Lempake Kota Samarinda.

Manfaat: Menjadikan penelitian ini sebagai gambaran pada kejadian diare dalam sanitasi lingkungan dan personal hygiene untuk selalu memperhatikan kesehatan pada balita

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-31
Section
Kesehatan Masyarakat